World's Beauty Brands

Featured News 

10 Cara Merawat Kuku Kaki agar Tetap Sehat dan Cantik

Post on January 3, 2018

Tubuh bagian bawah mungkin jarang Anda perhatikan, seperti paha, betis, kaki, hingga kuku kaki. Padahal kuku kaki membutuhkan cukup banyak perhatian, karena kuku kaki sangat rentan terluka. Misalnya Anda tidak sengaja terantuk ujung meja, kuku kaki Anda berpotensi retak, patah, bahkan terlepas dari tempatnya. Anda tentunya tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Jika kuku kaki Anda kurang perawatan atau terluka, maka kuku kaki Anda dapat berubah tekstur menjadi lebih tebal, berubah warna menjadi agak kuning bahkan hitam, lalu yang lebih parah adalah menjadi busuk dan bau. Untuk itu, COPIA akan membagikan 10 cara merawat kuku kaki agar kuku kaki Anda menjadi lebih kuat dan terbebas dari kotor, hitam, busuk, dan bau. 10 Cara Merawat Kuku Kaki agar Kembali Sehat

 

1. Memotong Kuku

Jangan sampai kuku kaki Anda dibiarkan terlalu panjang. Semakin panjang, maka semakin rapuh dan mudah patah pula kuku kaki Anda. Kuku yang terlalu panjang juga akan menimbulkan gundukan kotoran, bakteri, dan kuman yang dapat menyebabkan kaki menjadi kotor dan bau. Kuku kaki yang sangat panjang tidak akan enak dilihat, karena kaki Anda akan terlihat seperti kaki tokoh nenek sihir di kartun-kartun. Selain itu, contoh yang paling simpelnya adalah, kuku kaki yang terlalu panjang akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Kuku kaki yang terlalu panjang akan ‘menabrak’ sepatu Anda, sehingga jari kaki Anda akan terlipat dan lama kelamaan kaki Anda akan keseleo atau kuku kaki Anda bisa menjadi patah. Maka dari itu, cara merawat kuku kaki agar terlihat bersih adalah dengan rutin memotong kuku, setidaknya sebanyak 2x seminggu.

 

2. Rutin Membersihkan Kuku

Tidak hanya tubuh, kaki juga butuh ‘mandi’, loh, terutama bagian kukunya. Cara merawat kuku kaki yang kotor adalah dengan rutin membersihkan kuku. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan air hangat di dalam baskom yang cukup besar, lalu tuangkan sabun cair favorit Anda ke dalam air tersebut. Tuangkan juga satu sendok teh aroma terapi dan 1/4 lemon ke dalam air, setelah itu aduk air hingga bahan-bahan tadi tercampur rata.

Setelah itu, rendam kaki Anda sebatas mata kaki selama sekitar 2-3 menit, lalu sikat menggunakan sikat kuku Anda menggunakan sikat khusus. Mencuci dan menyikat kuku kaki seperti ini akan membuat kuku Anda menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu, mencuci kuku kaki akan membuat kuku menjadi terbebas dari kotoran yang masuk ke bawah kuku. Lakukanlah secara rutin minimal 2x sebulan.

3. Gunakan Pelembab

Jika Anda berpikir yang membutuhkan pelembab hanya kulit saja, berarti Anda belum tahu kalau kuku juga membutuhkan pelembab. Dengan menggunakan pelembab, kuku Anda yang rapuh akan menjadi lebih kuat dan tetap dalam bentuk yang bagus.

Gunakanlah pelembab khusus kuku (cuticle cream) setiap hari, terutama saat sebelum tidur. Selain yang berbentuk krim, pelembab khusus kuku ada juga yang berbentuk gel. Jika Anda tidak memiliki cuticle cream, Anda dapat menggunakan body butter atau body lotion.  Akan tetapi, COPIA sarankan untuk Anda menggunakan cuticle cream atau krim khusus kuku, karena kandungan yang dikandungnya lebih tepat sasaran. Seperti jojoba oil yang akan dengan cepat menyerap ke dalam kuku sehingga dapat membuat kuku Anda menjadi terbebas dari rapuh apalagi busuk. Jika benar-benar tidak ada cuticle cream, COPIA sarankan untuk menggunakan body butter karena kandungannya yang lebih kental dan melembabkan lebih baik daripada body lotion biasa.

 

4. Foot Bath

Hampir mirip dengan cara membersihkan kuku di atas, foot bath atau merendam kaki dapat membantu Anda membersihkan kuku kaki Anda. Sangat disarankan untuk kuku kaki yang hitam dan kuku kaki yang busuk.

Siapkan baskom yang cukup besar, tuangkan air hangat, garam (kalau ada garam mandi lebih bagus), dan perasan lemon secukupnya. Rendam kaki Anda dalam larutan air hangat tersebut selama kurang lebih 10 menit. Dengan melakukan foot bath atau merendam kaki, maka kuku kaki Anda dapat terhindar dari kotoran, kuman, dan infeksi yang dapat merusak kuku kaki. Selain itu, dengan merendam kaki, luka di sekitar kuku kaki Anda dapat cepat mengering sehingga luka menjadi cepat sembuh.

 

5. Gunakan Belimbing Wuluh

Anda tahu, kan, belimbing wuluh yang sering dijadikan bahan makanan seperti sup dan sambal? Ternyata belimbing wuluh dapat membantu menyingkirkan masalah kuku kaki secara alami, loh! Belimbing wuluh mengandung flavonoid sebagai anti bakteri. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung vitamin dan asam amino yang tinggi. Dengan segala kandungan yang ada pada belimbing wuluh, buah ini dapat membantu menyembuhkan kuku kaki yang rusak secara efektif. Belimbing wuluh akan mencerahkan warna kuku kaki sehingga tidak kuning apalagi hitam dan dapat membersihkan kuku dari kotoran. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu memotong belimbing wuluh menjadi dua bagian, lalu gosokkan daging belimbing wuluh pada kuku dan kulit disekitarnya, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih

 

6. Hilangkan Jamur Kuku

Onikomikosis atau jamur kuku dapat diidentifikasi dengan sangat mudah. Jika terdapat titik putih atau kuning pada kuku kaki Anda, kemungkinan besar itu adalah jamur kuku. Biasanya jamur kuku hanya terdapat pada ibu jari kuku kaki.
Jika jamur dibiarkan, maka jamur akan menyebar ke seluruh permukaan kuku kaki dan menyebabkan kuku kaki Anda menjadi berubah warna menjadi kuning hingga hitam, menebal, dan retak hingga patah pada ujungnya. Anda dapat menghilangkan jamur kuku kaki dengan menggunakan krim khusus jamur kuku, berobat ke dokter, hingga operasi.

 

7. Foot Spa

Foot spa atau spa kaki merupakan proses memanjakan dan menghilangkan masalah pada kaki Anda, termasuk kuku kaki. Spa kaki bisa Anda lakukan di salon atau tempat spa, tapi Anda bisa juga melakukannya sendiri di rumah. Tujuan foot spa adalah untuk membuat jiwa dan tubuh Anda menjadi lebih rileks. Maka dari itu, lakukan foot spa saat mood Anda sedang bagus. Lakukan foot spa di tempat sepi dan nyalakan musik kesukaan Anda, sehingga suasana akan menjadi sangat nyaman. Terdapat berbagai macam jenis foot spa, salah satunya dengan menggunakan handuk panas. Siapkan air panas, lalu tuangkan minyak zaitun, perasan lemon, dan garam. Aduk hingga bahan-bahan larut, setelah itu rendam handuk kecil hingga cukup panas. Bungkus kaki Anda menggunakan handuk panas itu. Spa handuk panas akan meremajakan dan melembutkan kuku kaki Anda.

 

8. Hati-hati Saat Pedikur

Jika Anda melakukan pedikur di spa atau salon khusus kuku, biasanya para terapis akan memotong kutikel dan kulit kering di sekitar kuku Anda. Padahal hal itu akan membuat kuku kaki Anda menjadi rapuh dan mudah terinfeksi kuman, loh. Lalu, saat Anda mengecat kuku, COPIA sangat menyarankan agar Anda menggunakan organic nail polish yang tentunya terbebas dari racun dan bahan kimia berbahaya. Kenapa? Karena cat kuku non-organic dapat membuat kuku Anda menguning. Selain itu, gunakanlah nail polish remover berbahan dasar alami agar enamel kuku Anda tidak terkikis.

 

9. Memilih Alas Kaki yang Sesuai

Cara merawat kuku kaki dapat Anda lakukan dengan hal sederhana, seperti selektif dalam memilih alas kaki, baik itu sepatu, sendal, maupun kaos kaki. Sepatu yang tidak sesuai ukurannya (terlalu kecil ataupun terlalu besar) dapat membuat kuku Anda menjadi tumbuh ke dalam, menghitam, menjadi rapuh, menebal, bahkan membusuk. Penggunaan sendal sangat disarankan saat Anda berada di dalam rumah, karena dapat melindungi kaki sekaligus kuku kaki Anda dari debu dan kotoran. Selain itu, gunakan lah sendal saat berada di tempat lembab seperti kolam renang, ruangan loker, dan sebagainya agar kaki Anda dapat bernafas sekaligus terlindungi dari jamur. Sedangkan penggunaan kaos kaki yang terlalu ketat dan kecil dapat menekan nadi sehingga aliran darah menjadi tidak lancar, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan kuku Anda.

 

10. Pola Makan Sehat

Cara merawat kuku kaki yang terakhir adalah menjaga pola makan sehat. Seperti cara menjaga berat badan dan cara merawat kulit, pola makan 4 sehat 5 sempurna juga dapat membuat kuku kaki Anda tetap sehat. Kuku tangan dan kuku kaki terbuat dari protein yang bernama keratin. Anda perlu memakan makanan sehat agar tubuh Anda dapat menyeimbangkan protein keratin yang diproduksi. Makanlah cukup buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging, dan seafood. Selain itu, minumlah susu, vitamin, atau suplemen yang dapat membantu pertumbuhan kuku Anda juga.